Minggu, 06 November 2011

Perguruan Silat Banyak Bubar

Metrotvnews.com, Soreang: Ribuan perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terancam bubar. Pasalnya, generasi muda lebih tertarik bela diri luar dibanding dari negeri sendiri.

"Mayoritas generasi muda saat ini lebih memilih untuk menekuni bela diri asal luar negeri. Bahkan tidak sedikit dari generasi hari ini yang sudah tidak pencak silat sama sekali. Hal ini harusnya menjadi perhatian kita semua," ungkap Koordinator Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Kabupaten Bandung, Sulaeman Rosid di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (5/11) siang.

Akibat dari minimnya perhatian dan kepedulian generasi muda, diperkirakan telah menyebabkan separuh dari 1.300 jumlah perguruan pencak silat di Kabupaten Bandung mati suri. Karena angka 1.300 paguron pencak silat itu merupakan hasil pendataan 2005. Sedangkan untuk jumlah pastinya di 2011 belum dilakukan lagi pemutakhiran.



"Padahal bicara bibit, anak di Kabupaten Bandung punya potensi untuk mengembangkan seni bela diri pencak silat. Ini bisa kita lihat dari banyaknya prestasi yang kita raih. Mungkin saat ini fokus kita adalah peningkatan kualitas," ujarnya.

Agar pencak silat tidak kalah bersaing dengan seni bela diri "impor", perlu ada sebuah gerakan penyadaran kepada generasi muda untuk mencintai apapun yang berasal dari dalam negeri termasuk silat. Hal itu bisa dilakukan dari mulai keluarga dalam hal ini orang tua yang paling bertanggung jawab selain itu lingkungan masyarakat.

"Kalau dari sisi kebijakan pemerintah sejauh ini sudah ada terbukti pencak silat disarankan dijadikan muatan kurikulum di sekolah dasar. Yang jadi persoalan sebenarnya adalah komitmen orang tua juga untuk ikut mengajarkan putra-putri mereka mencintai kebudayaannya sendiri," katanya.

Menurutnya, salah satu kelebihan pencak silat khususnya yang berasal dari Jawa Barat adalah harmonisasi antara gerak dan musik pengiring dengan alat musik berupa kendang dan terompet. Berbeda dengan pencak silat luar Jawa Barat yang tidak memiliki hal itu.

"Ada tiga aliran pencak silat yang banyak dikenal diantaranya Cikalong, Cimande dan Garutan," ujarnya.(Ant/****)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar